Langsung ke konten utama

Meningkatkan Percaya Diri

Dalam skema perilaku manusia ada satu sifat yang tidak gampang diejawantahkan dalam praktek kehidupan sehari-hari, yakni rasa percaya diri. Setiap kita berinteraksi dengan orang lain terlebih lagi menghadapi banyak orang dituntut rasa percaya diri yang tinggi. Jika kita tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi biasanya kita tidak berani melaksanakan sesuatu secara penuh keyakinan dan optimis. Memang percaya diri itu diperlukan tetapi percaya diri yang berlebihan dapat membawa kita overconfidence bahkan ujung-ujung bisa membuat kita takabur alias sombong bin angkuh dan arogan. Sebaliknya, jika kita tidak memiliki rasa percaya diri kita dihinggapi penyakit "takut" atau dalam bahasa lain bisa disebut rendah diri atau orang-orang tua kita dulu yang pernah merasakan hidup dijaman penjajahan Belanda bilang minder wardeh alias tidak punya rasa percaya diri.

Dulu tatkala para pemimpin kita berjuan merebut kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan itu dari masuknya tentara sekutu yang membonceng Belanda untuk kembali menjajah, bangsa kita sangat tinggi rasa percaya dirinya sehingga mampu mengusir penjajah dari ibu pertiwi. Percaya diri itu memang berasal dari dalam tetapi ia dapat muncul makala ada stimulus yang membuatnya tergerak untuk "berani" atau tidak takut tampil menunjukkan rasa percaya dirinya. Meski perlu stimulus yang bisa membuat seseorang meningkat rasa percaya dirinya namun tetap hasil akhirnya terpulang pada diri sendiri apakah ia ingin merubah perilaku rendah diri menajdi percaya diri. 

Dengan percaya diri kita berhasil merdeka dari penjajahan. Melalui percaya diri juga kita bisa merubah segala sesuatunya, misalnya saja sosok Imam Suprayogo yang berhasil "menyulap" sekolah tinggi agama Islam negeri Malang yang tadinya merupakan cabang dari IAIN Sunan AMpel Surabaya menjadi Universitas seperti skearang bernama UIN Maliki Malang yang sekarang bahkan telah go international memiliki mahsiswa asing dari 29 negara.

Habibie, mantan Presiden RI ke 3 dengan rasa percaya diri saat Indonesia menghadapi krisis moneter 1997 yang memorakporandakan fundamental ekonomi bangsa ternyata mampu mengendalikan situasi keterpurukan rupiah hingga mendekati Rp 20 ribu per dolar Amerika turun hingg Rp 6 ribu per dolarnya. Habibie juga dengan percaya diri berhasil membuat pesawat terbang N 2150 bikinan putra-putra bangsa sendiri yang diakui dunia internasional. Sungguh dengan rasa percaya diri itulah segala sesuatunya dapat diwujudkan, sehingga potensi yang dimilki dapat diejawantahkan secara nyata dan maksimal.

Percaya diri memang diperlukan agar perubahan yang kita inginkan kerarah lebih baik dapat terwujud. Percaya diri akan meningkat apabila kita berani mempraktekkannya, sebaliknya jika kita asyik hanya berdiam diri tidak mengasah potensi yang kita miliki maka percaya diri itu pun akan ikut tenggelam karena tidak dilatih, sehingga dikhawatirkan kita malah menjadi rendah diri alias minder yang tidak kita inginkan bersama. Berdirinya Republik ini dilaksanakan oleh pemimpin dan rakyat yang memiliki rasa percaya diri tinggi. Apapun kegiatan kita jika ingin maju maka kita harus memiliki percaya diri. Meningkatkan percaya diri mesti dipraktekkan dan tidak gentar dengan bayang-bayang kekhawatiran karena takut, khawatir atau pun cemas mesti dilawan sendiri. Jika kita takut berbicara di depan orang banyak untuk berpidato maka obatnya adalah berani melakukan pidato itu. Sebab jika kita terus menerus takut maka kita tidak pernah punya percaya diri tinggi. Takut harus dilawan dengan berani begitu seterusnya. 

Percaya diri merupakan kekuatan soft seseorang yang dapat mengarahkan dirinya sukses dalam melaksanakan unjuk kerja, sebab pengetahuan teknis dan akademis saja tidalah cukup jika tidak memiliki kekuatan tersebut. Percaya diri bersumber dalam dirinya ia merupakan jiwa yang bersemangat atau dalam bentuk lain bisa disebut orang yang mempuanyai percaya diri juga memiliki antusiasme. Sedangkan pengertian antusiasme itu berasal dari kata en yakni di dalam, theo berarti spirit atau semangat, sehingga memiliki makna semangat menyala yang ada dalam diri kita. Percaya diri, antusiasme, optimisme merupakan kumpulan kekuatan soft manusia yang membentuk diri individu menjadi manusia tahan banting dan berkarakter.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa