Langsung ke konten utama

Soal Penyadapan dan Spionase AS-Australia

Sudah sejak dulu saya pribadi mengamati dan mempelajari perilaku pemerintah Amerika Serikat (AS) yang berambisi ikut campur urusan negara lain. Belakangan ini terkuak lagi "belang"nya perilaku intelijen AS tentang penyadapan dan spionase yang terjadi di sejumlah negara di dunia termasuk diduga kuat melakukannya di Indonesia bersama kroninya yakni Australia. Semestinya jauh-jauh hari kita sudah menyadari kebusukan yang dilakukan intelijen AS tersebut karena sudah demikian banyak contoh yang mengindikasikan bahwa AS bukanlah sahabat sejati, namun sayang pemerintah dan sebagian rakyat kita tampak masih mengelu-elukan AS dengan Presiden Obamanya. Padahal mereka terbentuk dalam worldview  yang menjadikannya sebagai sekumpulan manusia ambisius yang ingin merajai dunia dan menginginkan posisi Polisi dunia.

Bung Karno Presiden RI pertama telah hafal dan mempelajari dengan cermat perilaku Pemerintah AS, sehingga beliau tidak ingin masuk perangkapnya. Beliau bersama dengan negara-negara yang baru merdeka mendirikan negara non blok yang mandiri dan tak berpihak ke manapun apalagi ke AS. Lalu Presiden Soekarno dengan garangnya melawan kepentingan-kepentingan AS di Indonesia dan di negara-negara dunia ketiga karena cara-cara AS itu disebut sebagai bentuk baru imperialisme atau dikenal dengan istilah populer neo-kolonialisme. 

Dalam kesempatan ini, saya mengajak masyarakat jangan sampai tergiur dengan propaganda AS yang ingin mengglobalisasi opini dan gaya hidupnya ke negara-negara lain dan memaksakan kehendak agar negara-negara lain mengikuti keinginannya. Spionase dan intervensi AS di negeri ini sudah amat terang benderang bahkan saya pribadi mengalami sendiri bentuk campur tangan AS itu di negeri kita. Alkisah, pada tahun 1987-an tatkala saya dipercaya Mas Agung pengusaha terkenal masa itu sebagai asiten beliau. Sebagai karyawan muda yang selalu menyertai Mas Agung saya lalu "diintip" oleh Dubes AS kala itu yakni Paul Wolfowitch (yang kemudian menjadi Wamen Pertahanan AS dan Presiden Bank Dunia) untuk kemudian dikirim utusan 2 orang menemui saya di salah hotel terkemuka di wilayah lapangan banteng Jakarta.

Singkat cerita mereka ternyata ingin mengorek dari saya tentang sepak terjang Petisi 50 (kumpulan para pejuang, mantan pejabat dan tokoh yang kritis terhadap Presiden Soeharto) dan keterlibatan Mas Agung dalam mendanai kegiatan tersebut. Dengan nada agak jengkel saya katakan bahwa saya tidak tahu menahu urusan itu. Meski didesak tetap saja saya bungkam dan akhirnya kedua utusan dubes itu pergi meninggalkan saya. Sungguh ini pengalaman pahit saya dengan pemerintah AS dalam hal ini kedubes AS di Jakarta. Oleh karena itu saya amat yakin seyakin-yakinnya bahwa AS bukanlah kawan sejati dan kita mesti hati-hati karena sebagaimana pesan Bung Karno bahwa kita ini adalah negara berdaulat penuh, bangsa besar yang bebas merdeka.

AS dengan sekutu-sekutunya termasuk untuk wilayah Asia dengan menggandeng Australia perlu dicermati dengan baik oleh pemerintah. Jika Bung Karno masih hidup tentu beliau akan sangat marah kepada AS dan kaki tangannya yakni Australia. Bung Karno tentu tidak akan bersenyam senyum dengan mereka bahkan akan mendamprat mereka dengan kata-kata keras khas Bung Karno yang menunjukkan keberanian beliau sebagai pemimpin bangsa besar. Kini saatnya para elite pemimpin kita untuk memformulasi ulang hubungan bilateral kedua negara, jangan sampai dengan permintaan maaf AS atau iming-iming bantuan tertentu kemudian kita lupa dengan perbuatan-perbuatan tidak bersahabat yang mereka lakukan kepada banyak negara termasuk Indonesia yang telah berulangkali, tidak hanya kali ini saja. Kita mesti sadar sesadar-sadarnya.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa