Langsung ke konten utama

Mini-Stroke, Ancaman Bagi "Workaholic"

1137225shutterstock-133793324780x390

Tubuh yang tak pernah memperoleh asupan bergizi atau menjalani latihan fisik rutin, sebetulnya tak pernah aman dari mini-stroke. Inilah yang dialami Sarah Silverman, 24, seorang mahasiswa jurusan psikologi klinis di Nova Southeastern University, Fort Lauderdale, Florida.

Sarah yang mengaku sehat tiba-tiba tubuhnya terasa lemah. Saat itu, ia sibuk dengan aktivitas kuliah maupun praktik, sehingga nyaris tak pernah olahraga dan mengasup makanan bergizi. Suatu hari, kata Sarah, penglihatannya tiba-tiba berkunang-kunang. Jantungnya berdegup keras hingga menimbulkan rasa sakit di dada. Kedua lututnya lemas dan melengkung. Lengan dan kaki kiri seketika terasa beku hingga ia tidak bisa merasakan ujung jari tangan dan kaki.

Menurutnya, keluhan tersebut tak pernah dirasakan perempuan yang kerap beraktivitas 20 jam sehari ini. Ketika itu Sarah berpikir ia hanya perlu tidur cukup setelah kuliah selama lima hari, menjalankan terapi untuk pasien di dua rumah sakit, dan menulis disertasi. Kejadian malam itu akhirnya memaksa Sarah untuk bersitirahat selama 15 menit, sebelum akhirnya benar-benar tidur.

Keesokan paginya, Sarah merasa bingung dan tidak bisa berkonsentrasi ketika hendak beraktivitas. Kendati masih bersemangat, Sarah merasa sangat pusing dan mual, hingga memutuskan memanggil dokter pribadinya.

“Saat itu dokter mengharuskan saya segera pergi ke unit gawat darurat. Dokter merasa saya seperti menderita mini-stroke. Namun saya merasa tak mungkin hal itu terjadi. Saya masih muda dan sehat, tidak mungkin saya menderita mini-stroke,” kata Sarah.

Mengejutkan, hasil pemeriksaan menyatakan Sarah positif mengalami mini-stroke. Sarah tidak diperkenankan pulang sebelum menjalani beberapa tes. Saat itu Sarah mendapat penjelasan, mini-stroke dapat terjadi tanpa pandang usia.

Mini-stroke memiliki nama ilmiah transient ischemic attack (TIA). Menurut American Stroke Association, mini-stroke adalah tanda bahaya yang harus ditanggapi serius. Satu kali mini-stroke adalah awalan stroke sebenarnya dalam seminggu atau sebulan ke depan. TIA diakibatkan adanya gumpalan darah yang bersifat temporer dalam jangka waktu tidak terlalu lama.

Kendati begitu tidak ada cara tertentu memprediksi apakah gejala yang dialami Sarah merupakan TIA atau stroke sebenarnya. Karena itu, tindakan Sarah segera ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan sangat benar. Selanjutnya pemeriksaan MRI dan CT Scan akan menentukan apakah gejala yang dialami merupakan TIA atau stroke.

Sarah mengatakan, sangat sulit bagi dokter menentukan penyebab dirinya mengalami TIA. Hal tersebut dikarenakan Sarah tidak memiliki faktor risiko yang diperlukan seperti hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, sejarah darah beku atau stroke dalam keluarga. Meski begitu dokter mengatakan stres tinggi, kurang istirahat, tidak menjalani pola hidup sehat, dan kurang olahraga, sebagai pemicu utama dirinya mengalami TIA.

Untuk mengatasi gejala tersebut, Sarah diharuskan mengonsumsi aspirin setiap hari untuk mencegah darahnya kembali beku. “Dokter juga mengharuskan saya memperlambat ritme kerja. Setelah menuruti saran neurologis dan kardiologis, saya tidak perlu melanjutkan pengobatan. Namun saya perlu waktu untuk diri saya sendiri dan beristirahat,” katanya.

Berkaca dari pengalaman tersebut, Sarah berjanji tak lagi mempertaruhkan kesehatannya dengan lebih mendengarkan tubuhnya dan segera mencari pertolongan bila merasa perlu. Dan yang terpenting mulai mengubah pandangan "tiada hari tanpa bekerja".

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa