Langsung ke konten utama

Tips Buat Rumah Jadi Sejuk dan Ramah Lingkungan

rumahijo

Isu global warming atau pemanasan global yang akhir-akhir ini diangkat ke publik, membuat semuat orang semakin sadar akan bahaya pemanasan global. Hal ini membawa dampak yang baik bagi masyarakat, karena mereka sudah mulai mencari alternatif untuk mengurangi pemanasan global yang muncul.

Seperti yang kita sering lihat mengenai pemisahan tempat sampah dari an organik dengan organik ataupun dengan mendaur ulang plastik atau kertas-kertas yang tidak berguna.

Begitu juga rumah, banyak pemilik rumah yang sekarang-sekarang ini membuat perubahan di dalam rumah mereka. Para pemilik rumah menginginkan agar rumah juga menjadi salah satu alat yang bisamengurangi dampak pemanasan global yakni dengan rumah ramah lingkungan.

Bagi Anda yang berminat untuk melakukannya, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini, diantaranya :

1. Pencahayaan

Salah satu hal penting yang ada di setiap rumah adalah pencahayaan. Pencahayaan yang sehat biasanya berasal dari alam dan tidak terlalu banyak menggunakan pencahayaan lampu pada siang hari. Dengan menggunakan lampu sebagai pencahayaan utama, tentunya akan memberatkan pada anggaran listrik yang harus dibayar. Ditambah lagi dengan menggunakan lampu akan berdampak pada polusi di bumi kita tercinta.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menata ulang pencahayaan dan menitikberatkan pada pencahayaan yang alami yakni dengan jendela. Anda perlu mendesain jendela dengan ukuran yang besar, dengan begitu jendela tersebut akan membantu ruangan di dalam rumah untuk mendapatkan cahaya yang diperlukan.

Sinar matahari yang masuk juga akan berperan penting bagi kesehatan tubuh kita. Jika Anda masih membutuhkan pencahayaan yang lebih, Anda dapat menggunakan jenis lampu yang hemat listrik yakni LED.

2. Ventilasi

Ada jendela yang digunakan harus diseimbangkan dengan ventilasi yang ada. Ventilasi sangat berperan penting dalam hal pergantian udara. Jika ventilasi sudah memenuhi pertukaran udara yang baik, maka kita juga bisa menghemat penggunaan air conditioner yang ada di rumah. Buka jendela Anda lebar-lebar agar udara atau angin bisa masuk ke dalam rumah dan dapat mengusir rasa panas yang datang.

3. Mematikan peralatan listrik

Listrik menjadi kebutuhan yang mendasar yang tidak bisa dipisahkan. Dalam rangka untuk menjadikan rumah ramah lingkungan, Anda harus mulai mematikan peralatan listrik yang tidak dipakai. Seperti misalnya dengan mematikan komputer atau gadget yang lain yang tidak dipakai lagi.

Matikan televisi saat Anda tidak menontonnya. Hindari mengidupkan televisi ketika Anda akan bersiap untuk tidur. Jangan lupa untuk mencabut colokan televisi, jangan hanya mematikan televisi dari remotenya saja.

Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan rumah Anda ramah lingkungan. Lakukan hal tersebut secara konsisten, karena langkah yang Anda ambil dapat memberi perubahan yang signifikan terhadap bumi kita. Kesadaran dan konsistensi harus mulai dipupuk dari sekarang. Memang hal-hal di atas termasuk hal yang ringan untuk dilakukan, tetapi hasil yang akan diberikan berdampak luas.

Anda juga bisa mengikuti saran pemerintah untuk menghemat listrik pukul 17.00 s/d 22.00. Dengan berkurangnya penggunaan listrik walaupun Cuma sedikit, tetapi efek yang dihasilkan cukup besar.

Anda juga bisa memaksimalkan lahan kosong untuk diberi tanaman hijau yang lebih banyak, sehingga polusi udara pun juga akan berkurang. Hal tersebut juga akan membuat rumah Anda terlihat asri dan indah.

sumber : perempuan

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa