Langsung ke konten utama

4 Pertimbangan Sebelum Pindah Kerja karena Dibujuk Perusahaan Lain

Pindah Kerja

Perusahaan modern dan berkembang saat ini tidak hanya memperhatikan keuntungan secara finansial tapi juga pengembangan sumber daya manusia (SDM) mereka. Pihak perusahaan pun berusaha mencari karyawan terbaik yang bisa menguntungkan ke depannya. Bahkan beberapa perusahaan memakai metode 'menjemput bola' demi mendapatkan karyawan terbaik.

Suatu perusahaan juga tidak segan-segan membajak karyawan kompetitornya kalau memang ia memiliki kualitas yang dapat menguntungkan baik secara finansial maupun branding. Ketika tiba-tiba Anda ditawari oleh perusahaan lain dengan gaji besar beserta keuntungan yang lebih banyak, itu tanda Anda sedang dibajak.

Apa yang harus dilakukan saat menghadapi posisi tersebut? Sebelum memberikan keputusan, pertimbangkan dulu empat hal ini.

1. Tidak Terbawa Perasaan

Chief Consultant Assessment dari Experd Consultant, Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, menyarankan agar sebaiknya memikirkan keputusan pindah kerja dengan matang. Hindari membuat keputusan hanya karena perasaan emosi tapi harus dengan kondisi yang tenang.

"Kadang kala di saat kita ada konflik, merasa jenuh, itu bisa membakar emosi kita sehingga saat ditawarkan untuk pindah kerja oleh perusahaan kompetitor langsung mengiyakannya," tutur Cherry

2. Pertimbangkan Keuntungan dan Kerugian

Cherry juga menyaranakn agar mempertimbangkan keuntungan serta kerugian bila Anda tertarik menerima tawaran dari perusahaan lain. Coba pikirkan kembali apa memang perusahaan saat ini masih belum sesuai dengan passion, pengembangan kariernya kurang baik, atau ilmu yang didapat juga standar saja?

Jika perusahaan yang membajak Anda memiliki kredibilitas tinggi mungkin ini salah satu jalan untuk meningkatkan karier ke depannya. Akan tetapi, kalau perusahaan tempat Anda bekerja sudah nyaman dan semua yang dicari bisa terpenuhi, sebaiknya tidak perlu dipaksakan.

Memaksakan diri karena tergiur akan gaji besar bisa mempengaruhi karier ke depannya. Belum tentu gaji besar dan banyaknya fasilitas lebih dapat 'memuaskan' Anda ketika bekerja.

3. Pikirkan Masa Depan Karier

Pikirkan pula masa depan karier Anda. Misalnya saja Anda sudah 'kerasan' di perusahaan saat ini dan lingkungan kerja juga nyaman. Sayangnya, kondisi perusahaan kurang baik hingga ada pengurangan pegawai.

Tawaran itu bisa dipertimbangkan demi masa depan karier Anda. Jangan sampai karena terlalu nyaman dengan pekerjaan saat ini membuat karier tidak berkembang. "Bagaimana nanti jangka panjangnya, loyalitas terhadap perusahaan, dan komitmen Anda," tambah wanita lulusan Universitas Padjajaran itu.

4. Pikirkan Kualitas Calon Perusahaan Baru

Cherry menyarankan agar memikirkan mengenai hal-hal yang terkait dengan perusahaan itu. Pikirkan mengenai lokasi, kenyamanannya, serta banyak mencari informasi mengenai kesejahteraan di perusahaan yang menawari gaji besar.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa