Langsung ke konten utama

Tips Agar Pisau Tetap Tajam

Pisau adalah alat terpenting dalam melalukan berbagai macam kegiatan rumah tangga terutama memasak. Pisau digunakan untuk memotong buah, sayur, daging, mengupas  dan masih banyak lagi. Jadi pisau ini memiliki peranan yang sangat penting.

Tips-merawat-pisau1

Bisa dibayangkan jika pisau dirumah Anda sudah tidak tajam lagi, pasti semua kegiatan memasak Anda akan terhambat. Karena itu ada berikut tips agar pisau tetap tajam.

1. Gunakan talenan kayu
Agar pisau tetap tajam, maka gunakanlah talenan yang berbahan dari kayu karena jika Anda menggunakan talenan dari kaca atau keramik akan mempercepat pisau Anda menjadi tumpul.

2. Jangan terburu-buru 
Saat memotong bahan makanan, misalnya seperti daging, buah, sayuran, hingga bumbu-bumbu dapur, sebaiknya janganlah terburu-buru. Pasalnya, ketergesaan terkadang bisa menyebabkan kurang konsentrasi sehingga memungkinkan bagian ujung pisau terbentur benda keras ataupun justru melukai tangan. Hal ini ternyata juga bisa membuat pisau menjadi cepat tumpul.

3. Kontrol pisau 
Setiap kali menggunakan pisau, gunakan hanya pada setengah bagian depannya sebagai bagian pisau yang paling tajam. Pastikan setiap kali menggunakan pisau untuk memotong sayuran, gunakanlah alas dengan permukaan yang datar.

4. Simpan dalam kondisi kering
Setelah Anda selesai menggunakan pisau, cuci dengan air bersih dan lap hingga kering. Sebab jika Anda menyimpan pada rak dalam keadaan basah akan membuat pisau Anda berkarat dan tidak tajam lagi.

5. Cuci terpisah 
Jangan merendam pisau dalam waktu lama di dalam bak wastafel berisi air cucian piring. Pasalnya, cara semacam ini hanya akan membuat pisau menjadi tumpul. Jadi, cuci pisau secara terpisah dari alat masak lain agar pisau tetap tajam.

6. Gunakan pisau untuk memotong dan mengiris saja
Jangan gunakan pisau untuk mencongkel atau bahkan sebagai pembuka sekrup. Perlu dicatat bahwa pisau hanya boleh digunakan dalam peran yang sebenarnya untuk memotong.

7. Rutin diasah 
Asahlah dengan batu pengasah dan dengan gerakan yang searah agar ketajaman pisau tetap terjaga.

8. Gunakan sesuai fungsi
Jangan pernah mencampur satu pisau untuk memotong segala macam bahan. Usahakan sendiri-sendirikan sesuai fungi. Misalkan pisau yang biasa Anda gunakan untuk memotong sayuran jangan Anda gunakan pula untung memotong ikan atau daging.

Demikian tips agar pisau tetap tajam dan semua kegiatan Anda berjalan dengan lancar.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa