Langsung ke konten utama

ITB Melaju ke Kontes Robot Internasional

kontes robot

YOGYAKARTA - Robot Dagominton dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) ditetapkan sebagai pemenang pada Kontes ABU Indonesia (KRAI) 2015 berlangsung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Mereka akhirnya meraih penghargaan piala bergilir Kontes Robot Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU).

ITB juga berhak maju ke kontes robot ABU tingkat Internasional. Kontes robot ABU tingkat internasional, yang akan diselenggarakan di Sportorium UMY, pada Agustus 2015.

Dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015 ini, adu kehebatan robot ABU merupakan puncak dari kontes robot yang paling diutamakan. Karena itulah pada tahun ini ITB yang mendapat kesempatan meraih piala bergilir.

Robot Dagominton milik ITB ini berhasil meraih posisi pertama pada laga final KRAI 2015 setelah mengalahkan robot Barelang 5.5 milik Politeknik Negeri Batam, dengan skor 5-1. Ketetapan pemenang dan piala bergilir kontes robot ABU tersebut diumumkan dan diserahkan pada acara penutupan KRI 2015 tingkat nasional di Sportorium UMY, pada Minggu 14 Juni 2015.

Rektor UMY Bambang Cipto mengatakan, Indonesia memiliki aset yang sangat luar biasa, untuk bisa dibanggakan pada masyarakat dunia. Hanya saja, aset tersebut masih terpendam, khususnya dalam diri pemuda dan anak didik bangsa.

“Karena itu, dengan adanya kontes robot Indonesia ini semoga bisa menjadi sarana untuk bisa menumbuhkan aset bangsa yang sangat luar biasa ini. Dan di masa depan dapat dibanggakan pada seluruh masyarakat dunia,” ujarnya sebagaimana dilansir umy.ad.id, hari ini.

Adapun para pemenang pada KRI 2015 ini berdasarkan surat keputusan dewan juri nomor 002/SKBT/KRI/UMY/2015 yang disampaikan oleh Ketua Dewan Juri Ir Wahidin Wahab adalah :

1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI)

Juara pertama diraih robot Dagominton dari ITB; juara kedua robot Barelang 5.5 dari Politeknik Negeri Batam; juara ketiga robot INVICTO dari Universitas Brawijaya; dan juara harapan robot IRTONAS dari Politeknik Negeri Jember.

2. Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) kategori beroda

Juara pertama diraih oleh robot Beater 2.3 dari Universitas Sultan Agung (UNISULA) Semarang; juara kedua robot Effiro dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS); juara ketiga robot Playmaker dari Universitas Kristen Sanata Dharma (UKSD); dan juara harapan robot Mobo Evo dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

3. Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) kategori berkaki

Juara pertama diraih oleh robot Cyber Rimau dari Universitas Sriwijaya; juara kedua robot Makalam 3.1 dari Sekolah Tinggi Ilmu Dinamika Bangsa; juara ketiga robot Yudistira 3 dari Politenik Negeri Bandung; dan juara harapan diraih oleh robot Gareng Punk dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)

Juara pertama diraih oleh robot Eros dari PENS; juara kedua robot Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS); juara ketiga robot Rac-Rg dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW); dan juara harapan diraih oleh robot Al-Farabi dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

5. Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI)

Juara pertama diraih oleh robot Erisa dari PENS; juara kedua robot Azka dan Azra Universitas Brawijaya; juara ketiga robot Badaya dari Universitas Telkom; dan juara harapan Robosterra dari UGM.

sumber : Okezone

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa