Langsung ke konten utama

Persiapkan Diri Menjelang Wawancara Kerja

Mempersiapkan diri dengan maksimal saat melakukan wawancara kerja adalah poin utama yang menjadi salah satu penentu keberhasilan Anda. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Wawancara kerja merupakan salah satu momen yang mendebarkan bagi sebagian orang. Untuk menunjang keberhasilan dalam sebuah wawancara kerja, diperlukan kesiapan diri yang dapat menunjang munculnya rasa percaya diri dan kenyamanan dalam menjawab setiap pertanyaan dari pewawancara. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kesiapan diri menjelang tes wawancara kerja?

Caring-ar1

Memahami Jenis Pekerjaan dan Profil Perusahaan

Memahami jenis pekerjaan yang ingin Anda lamar akan menjadi hal utama yang dinilai oleh sebuah perusahaan. Semakin Anda memahami jenis pekerjaan yang Anda inginkan serta seluk-beluknya, maka pewawancara akan merasa yakin untuk mempekerjakan Anda. Selain itu, pemahaman mengenai perusahaan juga penting untuk Anda miliki. Dari dua hal ini, pewawancara akan melihat Anda sebagai pribadi yang antusias terhadap pekerjaan tersebut.

Datang Tepat Waktu

Kesan pertama begitu penting, dan kesan tersebut akan rusak jika Anda datang terlambat saat wawancara. Datanglah setidaknya 30 menit sebelum jadwal wawancara dimulai. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa terburu-buru dan dapat memanfatkan waktu untuk merapikan riasan wajah dan penampilan atau sekadar bersosialisasi dengan siapapun di sekitar Anda. Ini akan membantu membuat Anda merasa lebih tenang dan tidak terlalu gugup dengan wawancara.

Tampil Rapi, Cantik dan Segar

Berpakaian sopan dan rapi saat akan melakukan wawancara adalah hal wajib, ini menunjukkan bahwa Anda menghargai diri Anda, pekerjaan yang Anda lamar, serta perusahaan tersebut. Dan bagi para perempuan, tampil cantik dan segar tentu akan menjadi nilai tambah. Sentuhan makeup yang pas dan tidak berlebihan adalah kuncinya. Agar wajah tampak segar, jangan lupa pulaskan eyeshadow dan lipstik. Salah satu brand lokal yang menawarkan beragam pilihan warna eyeshadow dan lipstik adalah Caring Colours Martha Tilaar, yaitu Caring Colours Happy Serries.

Caring Colours Happy Series terdiri atas rangkaian Happy Shadow dan Happy Lip Colour, keduanya mengandung Happy Complex yang berasal dari bahan aktif Sacha-inch Oil Extract dan Brazilian Pepper. Kedua bahan tersebut membantu memicu pembentukan hormon endorphin dan dopamin yang menimbulkan perasaan bahagia  dan mengurangi stress.  Caring Colours Happy Shadow terdiri atas sepuluh palet warna, sedangkan Caring Colours Happy Lip Colour memiliki 24 pilihan warna. Warna-warna Caring Colours Happy Series yang telah mendapat sertifikasi halal dari MUI ini sesuai untuk beragam jenis warna kulit.

Jawab Dengan Tenang

Selain hal-hal di atas, ada satu hal lagi yang menjadi penentu keberhasilan Anda ketika menjalani tes wawancara kerja, yaitu ketenangan dalam menjawab pertanyaan dari pewawancara. Ada kalanya pewawancara sengaja memancing emosi dengan pertanyaan-pertanyaan yang agak mengintimidasi dan menjebak, namun sesungguhnya pewawancara sedang menilai bagaimana Anda bisa menghadapi situasi yang penuh tekanan dan ingin melihat bagaimana Anda mengatasi sebuah masalah.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa