Langsung ke konten utama

Mengawali Usaha tanpa Riba

alasan-wanita-mudah-berselingkuh

Sapu adalah sebuah alat pembersih yang mudah kenal oleh masyakarat.  Meskipun barang sepele, sapu ini ternyata menjadi alat wajib bagi rumah tangga.

Adalah Aga Pramudiyanto, 7 tahun lalu mencoba mencari peruntungan berbisnis sapu ijuk. Dia menekuni bisnis ini tidak secara kebetulan, karena pada pada tahun 2007 lelaki berjenggot lebat ini harus berjerih payah menjadi karyawan di tempat pembuatan pengki milik pamannya. Dia mengirim pengki-pengki tersebut ke pengepul di daerah Boyolali.

Tatkala mengirim pengki ke agen, dia melihat kota Boyolali merupakan sentra industri sapu ijuk. Tanpa berpikir panjang, dia  tidak menyia-nyiakan peluang besar ini. Kemudian dia menekuni bisnis sampingan menjadi makelar sapu ijuk Boyolali.

Setiap libur dari kerja di tempat pamannya, dia memanfaatkan waktu untuk mencari agen-agen sapu dibeberapa daerah. Hingga dia bisa mendapatkan 3 agen besar dengan permintaan sebulan sebanyak 3000 pcs.

Bertepatan dengan bulan Juli 2009, Allah membukakan rezeki kepada Aga Pramudiyanto dengan mendapatkan order diatas 3000 pcs. Maka pada kesempatan ini dia langsung berhenti bekerja ditempat pamannya itu dan menekuni bisnis sapu ijuk. Kemudian pada tahun 2013 dia mendapatkan tender sebagai suppliyer di PT. Dragon Indonesia, Jakarta Barat hingga sekarang. Belum lagi orderan-orderan dari agen besar lainnya.

Memang diawal merintis usaha Aga sedikit kerepotan modal, mau pinjam di Bank dia merasa takut terjerumus pada dosa riba. Hingga akhirnya dengan terpaksa dia menjual sepeda motor istrinya seharga 3 juta rupiah.

“Saya jual motor istri mas,waktu itu sudah mengenal ngaji jadi takut (mau pinjam uang di Bank, penj). Tapi motor istri sudah saya ganti mas.” Papar Aga waktu dihubungi redaksi via telpon.

Kini  usahanya dia dinamakan “Barokah”, dan produksi sapu ijuk ini  mampu meraup omset rata-rata 50 juta tiap bulannya.

Pasokan bahan baku yang langka menjadi kendala Aga dalam memproduksi sapu ijuk. Karena bahan-bahan mentah yang dia ambil semuanya dari luar propinsi Bandung, Jakarta dan Surabaya. Belum lagi terkendala tenaga kerja terampil, dalam finishingnya saja Aga masih mengerjakan sendiri dan dibantu oleh 4 karyawan. Walaupun dia juga dibantu oleh sekitar 20 tenaga borongan, tetap saja dalam produksi belum mencukupi pesanan pasar.

Kualitas menjadi hal terpenting pada produk ini, sehingga Aga tidak henti-hentinya meminta pendapat kepada pada agen tentang kelebihan dan kekuranyan sapu ijuk buatannya.

“Saya ini termasuk juga pebisnis pemula, tapi yang jelas terus berdoa dan berusaha. Jangan malu, terus mencari informasi dan sering berkomunikasi dengan pelanggan terutama tentang kekurangan produk kita. Karena dari hal tersebut kita tidak segera berpuas diri,” papar Aga panjang lebar.

“Dan yang jelas selalu berusaha jujur,” imbuh Aga

Saat ini Aga masih membuka peluang kerjasama keagenan dan siap mengerjakan sesuai pesanan.

sumber: http://pengusahamuslim.com/menyapu-rezeki-allah-melalui-ijuk/

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa