Langsung ke konten utama

Sukseskan Pelaksanaan SNMPTN Jujur dan Berkeadilan

LOGO KEMENTERIAN PENDIDIKAN

Jakarta, Kemdikbud – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan pola seleksi secara nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Mekanisme ini memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN).

Bambang Hermanto, humas panitia pelaksana SNMPTN 2014 saat dihubungi melalui telepon, Jumat (10/01/2014) mengatakan, mekanisme pelaksanaan SNMPTN tahun 2014  tidak beda dengan pelaksanaan pada tahun 2013.  Langkah awal, sekolah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Setelah pengisian selesai, panitia melalui sistem akan mengirimkan pin atau password kepada sekolah untuk di bagikan kepada siswa. Kemudian, baru siswa dapat log in ke laman PDSS untuk memeriksa apakah nilai yang dimasukan sekolah sudah benar atau masih mengandung kesalahan.

“Kalau masih ada kesalahan, siswa harus lapor kepada sekolah agar dapat diperbaiki oleh sekolah, karena siswa tidak dapat memperbaiki sendiri,” kata Bambang.

Ia menambahkan, jika dalam data PDSS sudah dinyatakan benar oleh siswa, maka data tersebut sudah menjadi tanggung jawab siswa. Baru setelah itu siswa mengisi dan memilih perguruan tinggi serta prodi yang mininati. “Memilih perguruan tinggi dan prodi yang diminati menjadi hak siswa sepenuhnya.” tuturnya.

Siswa dapat memilih maksimum dua perguruan tinggi, dan setiap perguruan tinggi totalnya maksimum tiga prodi. Misalkan di perguruan tinggi A bisa dua prodi, perguruan tinggi B satu prodi, atau sebaliknya. Setelah siswa selesai mendaftar, di persilahkan siswa untuk mencetak bukti pendaftaran. “Itu tandanya bahwa siswa sudah sah melakukan pendaftaran SNMPTN,” kata Bambang.

Data-data siswa tersebut akan masuk ke PTN masing-masing yang diminati, kemudian dilakukan seleksi berdasarkan kriteria yang jelas, diantaranya: 1) prestasi akademik siswa di sekolah selama semester 1 s.d 5. Sehingga tidak akan pernah terjadi siswa dengan prestasi akademik rendah diterima, sementara yang memiliki prestasi akademik tinggi tidak diterima di prodi yang sama dan PTN yang sama; 2) penilaian hasil ujian UN, yang disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing prodi dan perguruan tinggi.

“Masyarakat tidak boleh percaya bahwa ada orang-orang tertentu yang bisa memasukan, karena datanya terekam dengan baik, dan bisa dilihat,” imbuh Bambang.

Bambang menambahkan, panitia SNMPTN selaku sekretariat sangat menyesalkan adanya telepon pengaduan dari beberapa anggota masyarakat yang ada di Depok, Bogor, dan Tangerang. Mereka mengadukan bahwa ada seseorang yang mengaku panitia SNMPTN bisa membantu untuk memasukan calon siswa kedalam perguruan tinggi yang diminatinya dengan meminta sejumlah dana.

Terkait beredarnya informasi tersebut, Bambang menghimbau masyarakat berhati-hati dan tidak terbujuk rayu terhadap penipuan ini.

Sampai dengan hari Jumat  (10/1/2013), sudah lebih dari 200 sekolah yang mendaftar atau mengisi PDSS. “ini angkanya bergerak terus setiap hari. Kami berharap sampai batas akhir penutupan bulan Maret nanti lebih dari 15.000 sekolah yang mendaftar, dan terkait jumlah siswanya harapan kami sekitar 800.000,” kata Bambang.

 

Silahkan join ke grup SPAN-PTAIN dan UM-PTAIN untuk update informasi terbaru
SPAN-PTAIN = https://www.facebook.com/groups/SPAN.PTAIN2014/
UM-PTAIN = https://www.facebook.com/groups/UM.PTAIN2014/

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa