Langsung ke konten utama

Kenali Talasemia Pada Anak

Kesehatan yang menyeluruh merupakan hal yang sangat penting namun cukup sulit untuk didapatkan. Berbagai penyakit memang harus selalu dihindari. Anak-anak yang merupakan buah hati yang kita sayangi harus dijaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit yang membahayakan.

Talasemia adalah salah satu penyakit yang bisa menjangkiti anak-anak. Sudah banyak jumlah anak yang menderita penyakit ini dan tidak bisa menikmati masa kecilnya dengan nyaman. Banyak orang tua yang kurang paham dan mengetahui tentang penyakit yang membahayakan buah hatinya ini. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang penyakit talasemia.

  • Golongan talasemia
    Penyakit talasemia ini dapat digolongkan menjadi 2 jenis. Talasemia mayor adalah penyakit talasemia yang disebabkan oleh gen bawaan yang dibawa oleh kedua orang tua yang memiliki gen pembawa sifat talasemia.
  • Anak-anak yang menderita penyakit ini biasanya akan menunjukkan gejala talasemia sejak awal masa kanak-kanak. Banyak kasus anak dengan talasemia mayor hanya mampu bertahan hingga umur 2 tahun. Golongan kedua adalah talasemia minor yang biasanya hanya menunjukkan gejala yang normal namun memiliki sifat sebagai pembawa sifat talasemia. Penderita golongan ini biasanya akan mengalami gizi buruk, perut membuncit karena adanya pembesaran limpa dan hati.
  • Gejala
    Gejala khas yang biasa terjadi pada penderita talasemia adalah wajah yang berbentuk mongoloid. Bentuk muka mongoloid biasanya berbentuk hidung yang pesek, tanpa pangkal hidung, tulang dahi yang lebar, dan jarak antara kedua mata lebar.
  • Gejala lain yang tampak adalah kulit yang memiliki warna kekuningan. Jika transfuse darah sering dilakukan, kulit akan terlihat agak kelabu. Anak dengan talasemia juga biasanya tidak memiliki nafsu makan, mudah letih, sering terserang sakit tenggorokan dan flu, dan gejala lain.
  • Penanganan
    Walaupun sampai saat ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini secara keseluruhan, namun tindakan transfuse darah secara rutin dapat meringankan penderita telasemia. Transfusi darah harus dilakukan saat anak tidak mau makan.

Selain itu, operasi pergantian sumsum tulang belakang juga bisa menjadi pilihan yang cukup baik untuk penderita talasemia mayor. Pemantauan organ yang vital secara teratur dan berkala juga akan sangat baik untuk menjaga kestabilan pasien. Itulah beberapa penjelasan tentang penyakit talasemia yang bisa terjadi pada anak – anak. Dengan ini diharapkan para orang tua dapat lebih waspada dengan penyakit ini.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa