Langsung ke konten utama

Tips Wisata di Kota Tasikmalaya

Akses ke Tasikmalaya sebenarnya tergolong mudah. Sehingga wisata ke Kota Tasikmalaya bisa menjadi liburan singkat di akhir pekan. Daerah ini bisa dicapai dengan jalur darat dari Jakarta maupun Bandung. Penginapan memang belum banyak pilihannya. Namun untuk wisata belanja dan wisata kuliner, inilah tempatnya.

Akses menuju Tasikmalaya

Dari Jakarta cara termudah adalah dengan naik bus umum AC. Anda bisa mencarinya di Terminal Lebak Bulus dan Terminal Kampung Rambutan. Waktu tempuh sekitar tujuh jam. Pilihan bus bisa pakai Primajasa.

Sedangkan dari Bandung, bisa naik bus Budiman, naik dari Terminal Cicaheum Bandung atau di Pool Jalan Cibiru. Di Tasikmalaya, bus berhenti di Pool Budiman Tasikmalaya di Jalan Ir. H. Juanda. Ongkos bus Rp 25.000.

Selain bus, bisa juga naik Cipaganti Travel dari Bandung ke Tasikmalaya. Ongkosnya Rp 85.000. Kalau dengan mobil travel, penumpang diantar langsung sampai tujuan.

Penginapan

Sangat mudah mencari penginapan di kota ini. Namun rata-rata masih merupakan penginapan kelas melati. Ada tiga hotel kelas bintang yang juga bisa dipilih seperti Hotel Asri, Crown Hotel Tasikmalaya, dan Hotel Santika Tasikmalaya.

Tarif menginap di hotel berbintang di kisaran mulai dari Rp 400.000. Tetapi, untuk kelas melati, tarif menginap per malam tentu lebih murah di kisaran harga mulai dari Rp 150.000. Hanya saja perhatikan terlebih dahulu kebersihan dan keamanan hotel melati yang akan Anda inapi.

Transportasi dalam kota

Untuk berkeliling Kota Tasikmalaya, jarak dekat bisa dengan naik becak. Pilihan lain adalah angkutan umum atau ojek.

Kuliner

Ini surganya kuliner. Tak akan kesulitan mencari aneka makanan enak di kota ini. Menu wajib di antaranya mi bakso khas Tasikmalaya. Selain mi bakso, kuliner khas lainnya adalah nasi tutug oncom yang menggunakan oncom dalam campuran nasi.

Juga nasi cikur yang menggunakan bumbu cikur atau kencur dalam nasinya. Pilihan lain ada nasi lengko, bisa lengko ayam atau lengko sapi.

Kota Santri
Ada sekitar 770 pesantren di Jawa Barat. Hampir setengahnya atau lebih dari 300 pesantren berada di Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya pun disebut sebagai Kota Santri.

Nuansa Islam sangat kental terasa di kota ini. Oleh karena itu, jagalah kesopanan sesuai tradisi setempat. Kenakan pakaian tertutup dan berperilaku yang santun.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa