JAKARTA - Ketika jauh dari tanah air, kerinduan akan Indonesia bisa sedikit terobati walaupun tengah berada di ketinggian udara, melalui pelayanan yang diberikan maskapai nasional Garuda Indonesia. Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar, ciri khas dan identitas bangsa Indonesia harus menjadi bagian dari pelayanan Garuda.
"Ini visi kami, membawa penumpang merasakan Indonesia di udara, bagi penumpang dalam negeri akan merasakan seperti di rumah. Sedang penumpang luar negeri dapat merasakan Indonesia bahkan sebelum menginjakkan kaki di tanah air. Mereka bisa merasakan Indonesia sejak di udara," tutur Emirsyah selesai peluncuran album ketiga Garuda Indonesia "The Sound of Indonesia", Rabu (8/10/2014).
Visi ini kemudian direalisasikannya sejak 2009 lalu melalui program "Garuda Indonesia Experience". Dengan program ini, pelayanan mengedepankan budaya dan keramahtamahan Indonesia. Serta menyajikan aspek-aspek dengan ciri bangsa melalui kelima panca indera, yaitu sight, sound, taste, scent, dan touch untuk diimplementasikan dalam layanan sebelum penerbangan, selama di udara, dan bahkan setelahnya.
"Penumpang dapat merasakannya mulai dari interior pesawat yang memadukan warna dan motif tradisional Indonesia, d iantaranya motif 'gedek' pada dinding pemisah ruang kabin di pesawat, seragam batik yang dipakai awak kabin, lagu-lagu tradisional Indonesia yang telah diaransemen ulang, makanan dan minuman khas Indonesia serta aromaterapi dari tumbuhan asal Indonesia," tambah Emir.
Upaya peningkatan pelayanan tersebut mampu menjadikan Garuda diperhitungkan di mata internasional. Seperti penghargaan "The World's Best Best Cabin Staff" atau penghargaan awak kabin terbaik oleh majalah Skytrax London, pada Juni 2014 yang lalu.
"Apresiasi saya sebesar-besarnya untuk Garuda, maskapai ini sudah mulai jadi maskapai pilihan dan prioritas. Mungkin salah satu hal lain yang dimiliki Garuda ialah keramahan dan kehangatan awak kabin," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, di kesempatan yang sama.
"Percaya atau tidak, perilaku ramah, hangat dan tulus menjadi ciri orang Indonesia, dan Garuda berhasil membawa di dalam pelayanannya hingga penumpang dapat merasakan Indonesia yang sesungguhnya. Bagi penumpang, hal ini bisa membekas sehingga menjadikan Garuda sebagai pilihan," ungkapnya.
sumber : kompas