Langsung ke konten utama

Tips Menghindari Pencopetan

Kasus kriminal yang sering terjadi membuak kekhawatiran tersendiri bagi penngguna jalan. Terlebih lagi kasus tersebut sering ditampilkan di layar kaca. Kasus yang sering terjadi adalah kasus pencopetan baik di jalan raya maupun di dalam transportasi umum. Untuk menjaga keamanan barang-barang yang dibawa, kita harus tetap waspada di setiap kondisi atau jalan yang dilalui.

Kasus pencopetan terjadi dikarenakan ada kesempatan, sehingga membuat banyak orang kehilangan harta benda mereka. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini untuk menghindari pencopetan, diantaranya :

1. Kenali Ciri-Ciri Pencopet
Untuk menghindari pencopetan, kita harus bisa bersikap waspada terhadap keadaan di sekitar kita. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengenali ciri-ciri pencopet. Para encopet biasanya terdiri dari dua orang yang kadang bisa naik transportasi secara bersama-sama atau dengan memisahkan jaraknya tetapi tidak terlalu jauh. Dari segi penampilan, kita juga bisa menilainya misalnya pencopet seringnya memakai tas besar yang tidak ada isinya. Ditambah lagi, penampilan mereka yang rapi seperti memakai kemeja, sepatu juga topi.

2. Gerak-Gerik Mencurigakan
Sewaktu Anda menaiki transportasi umum, Anda harus waspada terhadap keadaan di sekitar Anda. Pencopet dapat dikenali melalui gerak-gerik yang mencurigakan. Biasanya mereka akan sering memperhatikan si korban mulai dari atas hingga bawah yakni kaki. Hal ini untuk menentukan apakah si korban membawa harta benda yang banyak. Ditambah lagi, ketika mereka akan beraksi mereka akan melihat di sekelilingnya apakah dalam kondisi aman atau belum.

3. Taruh Uang Di Kantong
Usahakan bagi Anda untuk tidak sering membuka tas atau dompet di tempat umum. Hal itu dikarenakan akan dapat memancing tindak kejahatan. Jika Anda ingin pergi menggunakan transportasi umum atau membeli sesuatu, sisakan beberapa uang yang cukup untuk transportasi atau pada saat membeli sesuatu. Sehingga, hal tersebut akan meminimalisir tindak kejahatan. Atau Anda bisa menaruh beberapa uang lembar di beberapa kantong baju atau celana Anda. Dengan begitu, apabila Anda kehilangan uang Anda, Anda masih mempunyai cadangan uang di kantong Anda yang lain.

4. Jangan Melamun dan Tertidur
Apabila Anda sering pergi kerja pada pagi hari dengan menggunakan transportasi umum, usahakan untuk tidak melamun dan tidak tertidur. Karena dengan Anda tertidur, maka dapat memancing tindak pencopetan dan Anda bisa kehilangan barang-barang berharga Anda. Anda harus tetap menjaga perhatian dan kewaspadaan di sekeliling Anda, karena dengan melamun tingkat kewaspadaan akan berkurang dan dapat mengakibatkan kehilangan benda berharga.

5. Posisikan Tas di Depan
Tas memang selalu menjadi incaran bagi para pencopet, karena di dalamnya terdapat berbagai macam benda berharga. Oleh karena itu, pada saat Anda bepergian dengan menggunakan tas punggung atau tas tangan, usahakan untuk selalu menaruh tas di depan. Jangan pernah menaruh tas di belakang tanpa ada pengawasan Anda atau seseorang yang menemani Anda. Tas harus ada dalam penjagaan Anda di setiap waktu.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari aksi pencopetan. Kewaspadaan menjadi kunci utama untuk menghindarinya. Usahakan untuk menaruh tas di bawah pengawasan Anda dan usahakan juga untuk tidak melamun atau tertidur di dalam transportasi umum. Jadi, Anda harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan perhatian Anda pada sesuatu yang mencurigakan juga untuk menjaga barang-barang Anda dari aksi kriminal.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa