Menjadi pegawai baru terkadang memang agak menyulitkan. Bagi sebagian orang, saat-saat pertama bekerja bahkan bisa menjadi masa yang berat untuk dilewati, apa lagi jika di tempatnya bekerja senioritas sangat diperhatikan.
Bagi anda yang akan menjalani atau sedang menjalani hari-hari pertama anda bekerja, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu anda dalam melewati masa-masa sulit selama menjadi pegawai baru di kantor.
1. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah rasa percaya diri. Anda perlu mengingat bahwa anda diterima bekerja di suatu tempat berdasarkan seleksi yang tidak mudah. Karenanya, rasa percaya diri yang baik akan membantu anda untuk melewati segalanya dengan baik.
2. Kesulitan yang akan anda alami dalam melewati masa-masa sulit menjadi pegawai baru adalah untuk memiliki teman di tempat kerja.
Akan lebih baik jika perusahaan tempat anda bekerja merekrut beberapa orang sekaligus sehingga anda tidak akan sendiri. Namun, jika anda merasa sendiri dan membutuhkan rekan yang bisa anda jadikan teman, sebaiknya anda langsung memulainya dari hari pertama anda bekerja.
Hari pertama merupakan saat yang penting untuk memberikan kesan pada teman anda. Berikan kesan yang positif agar orang tidak segan untuk mendekati anda. Dalam hal ini, sikap rendah diri akan sangat membantu anda untuk mengawali proses sosialisasi anda di kantor.
3. Senyum merupakan salah satu hal terpenting untuk melewati masa-masa sulit di kantor. Anda perlu memastikan bahwa anda selalu membalas senyuman atau pun melempar senyuman terlebih dahulu.
Senyum merupakan salah satu bahasa tubuh yang paling mudah dikenali. Karenanya, selalu tersenyum dan menunjukkan keramahan sangat penting untuk dilakukan.
4. Jika anda merasa senior anda menekan anda, jangan terlalu mudah untuk menyerah. Yakinkan diri anda bahwa senior anda hanya ingin melihat sejauh mana kemampuan anda.
Dalam hal ini, anda sebenarnya tidak perlu memaksakan diri anda karena pada dasarnya, senior anda hanya ingin melihat kemampuan anda. Lakukan sebisa mungkin dan tunjukkan kepada atasan anda yang terbaik yang bisa anda lakukan agar anda bisa melewati masa – masa sulit.
5. Beberapa orang mungkin akan merasa terintimidasi jika sedang ditekan oleh atasan mereka. padahal, perasaan tersebut sangat wajar. Hal ini tentu juga akan terjadi pada siapa pun yang menjadi karyawan baru.
Perasaan terintimidasi dan juga dikucilkan. Anda hanya harus melewatinya selama beberapa hari. Setelah itu, jika mereka sudah merasa nyaman dengan keberadaan anda, salah satu dari mereka pasti ada yang mendekati anda.
6. Pada dasarnya, anda hanya perlu memberi waktu pada senior-senior anda untuk membiasakan diri mereka dengan keberadaan anda. Sebagian dari kita mungkin akan menganggap bahwa pegawai baru merupakan mainan baru bagi seniornya.
Padahal, beberapa diantara mereka ada yang sangat senang dengan kedatangan orang baru. Anda hanya harus menyadarinya disekitar anda.
Bagi anda yang akan menjalani atau sedang menjalani hari-hari pertama anda bekerja, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu anda dalam melewati masa-masa sulit selama menjadi pegawai baru di kantor.
1. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah rasa percaya diri. Anda perlu mengingat bahwa anda diterima bekerja di suatu tempat berdasarkan seleksi yang tidak mudah. Karenanya, rasa percaya diri yang baik akan membantu anda untuk melewati segalanya dengan baik.
2. Kesulitan yang akan anda alami dalam melewati masa-masa sulit menjadi pegawai baru adalah untuk memiliki teman di tempat kerja.
Akan lebih baik jika perusahaan tempat anda bekerja merekrut beberapa orang sekaligus sehingga anda tidak akan sendiri. Namun, jika anda merasa sendiri dan membutuhkan rekan yang bisa anda jadikan teman, sebaiknya anda langsung memulainya dari hari pertama anda bekerja.
Hari pertama merupakan saat yang penting untuk memberikan kesan pada teman anda. Berikan kesan yang positif agar orang tidak segan untuk mendekati anda. Dalam hal ini, sikap rendah diri akan sangat membantu anda untuk mengawali proses sosialisasi anda di kantor.
3. Senyum merupakan salah satu hal terpenting untuk melewati masa-masa sulit di kantor. Anda perlu memastikan bahwa anda selalu membalas senyuman atau pun melempar senyuman terlebih dahulu.
Senyum merupakan salah satu bahasa tubuh yang paling mudah dikenali. Karenanya, selalu tersenyum dan menunjukkan keramahan sangat penting untuk dilakukan.
4. Jika anda merasa senior anda menekan anda, jangan terlalu mudah untuk menyerah. Yakinkan diri anda bahwa senior anda hanya ingin melihat sejauh mana kemampuan anda.
Dalam hal ini, anda sebenarnya tidak perlu memaksakan diri anda karena pada dasarnya, senior anda hanya ingin melihat kemampuan anda. Lakukan sebisa mungkin dan tunjukkan kepada atasan anda yang terbaik yang bisa anda lakukan agar anda bisa melewati masa – masa sulit.
5. Beberapa orang mungkin akan merasa terintimidasi jika sedang ditekan oleh atasan mereka. padahal, perasaan tersebut sangat wajar. Hal ini tentu juga akan terjadi pada siapa pun yang menjadi karyawan baru.
Perasaan terintimidasi dan juga dikucilkan. Anda hanya harus melewatinya selama beberapa hari. Setelah itu, jika mereka sudah merasa nyaman dengan keberadaan anda, salah satu dari mereka pasti ada yang mendekati anda.
6. Pada dasarnya, anda hanya perlu memberi waktu pada senior-senior anda untuk membiasakan diri mereka dengan keberadaan anda. Sebagian dari kita mungkin akan menganggap bahwa pegawai baru merupakan mainan baru bagi seniornya.
Padahal, beberapa diantara mereka ada yang sangat senang dengan kedatangan orang baru. Anda hanya harus menyadarinya disekitar anda.