Langsung ke konten utama

Negeri 5 Menara




Film ini mengisahkan perjuangan 6 sahabat dari 6 daerah berbeda. Diawali oleh kehidupan alif (Gazza Zubizzaretha) yang baru saja lulus SMP. pada saat yang bersamaan kedua orang tua alif berencana ingin memasukkan alif ke salah satu pondok yang ada di jawa timur tepatnya di pondok madani ponorogo. Namun, alif tidak mau di pondokkan karena ia bercita-cita ingin masuk SMA di Bandung dan setelah lulus ingin melanjutkan kuliah di ITB bersama temannya randai (sakurta ginting). Untuk mengirim alif ke pondok ayahnya (David Chalik) rela menjual kerbau satu-satunya yang dimilikinya. Dan amaknya (Lulu Tobing) yang selalu sayang terhadap alif.

Dengan pertimbangan yang matang akhirnya alif mau ke pondok demi membahagiakan kedua orang tuanya. Tiba saatnya hari dimana alif untuk berangkat ke pondok yang ditemani oleh ayahnya. Menempuh perjalanan yang jauh alif dan ayahnya sampai juga di pondok madani ponorogo. Keesokan harinya alif harus mengikuti tes seleksi masuk pondok madani tersebut. Sebelum tes ayahnya memberikan sebuah pena yang sudah turun temurun dipakai. Pena tersebut adalah peninggalan kakeknya.

Setelah mengikuti tes masuk akhirnya alif dinyatakan diterima di pondok madani tersebut. Dan ayahnya mulai meninggalkan alif di pondok madani sendirian. Kemudian alif bertemu lima orang teman yang berasal dari 6 daerah berbeda yaitu said (Ernest Samudera), atang (Riski Ramdani), dulmajid (Aris Putra), raja lubis (Jiofani Lubis) dan baso (Billy Sandy). Pertemuan itulah yang menjadi cikal bakal persahabatan mereka. Mereka menamakan persahabatan itu dengan sebutan sohibbul menara karena mereka sering berkumpul di bawah menara pondok tersebut.

Di awal pendidikan alif bertemu ustad salman (Donny Alamsyah) dengan membawa sebatang kayu dan sangkur. Tanpa banyak bicara ustad salman mengeluarkan sangkur dari pengamannya. Dan berkata “sangkur ini sudah berkarat”. Pun, langsung mencoba memotong kayu itu dengan sangkur berkarat. Setelah berhasil memotongnya ustad salman berkata di depan muridnya “man jadda wajada” artinya siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Kata “man jadda wajada” itulah yang menjadi pedoman mereka berenam jika mau melakukan sesuatu.

Suatu hari, dimana alif dan kawannya ingin bermain bulu tangkis tiba-tiba alif dan kawannya itu melihat sosok wanita yang cantik dan sholeha yang bernama sarah (Eriska Rein). Sarah ini adalah keponakan kyai rais (Ikang Fauzi) pemimpin pondok madani itu.

Singkat cerita, ada sebuah perlombaan besar di pondok madani itu yang dihadiri oleh bupati ponorogo dan yang menjadi juri adalah kyai rais sendiri sebagai pemimpin pondok madani itu. Dan pementasan yang mereka tampilkan menjadi yang terbaik dari kontestan lainnya. pementasan yang sukses itulah awal dari perjalanan mereka menuju gerbang dunia. mau tau cerita selanjutnya segera tonton di bioskop terdekat.

Hikmah yang bisa diambil dalam film Negeri 5 Menara adalah siapapun yang mau berusaha dengan keras pasti akan menuai hasilnya kelak. Contohnya film ini saja yang awalnya hanya bermimpi ingin keliling dunia tapi dengan tekad dan keyakinan yang tinggi mereka semua itu bisa dicapai.  “man jadda wajada
Film yang bagus dan sangat menginspirasi bagi yang menontonnya.

Inilah daftar pemain utama Negeri 5 Menara
Gazza Zubizzaretha sebagai Alif
Ernest Samudera sebagai Said
Rizki Ramdani sebagai Atang
Aris Adnanda Putra sebagai Dulmajid
Jiofani lubis sebagai raja lubis
Billy sandy sebagai baso
Eriska Rein sebagai sarah
Donny alamsyah sebagai ustad salman
David chalik sebagai ayah alif
Lulu tobing sebagai ibu alif
Ikang Fauzi sebagai kyai rais
Sakurta ginting sebagai randai
Andhika Pratama sebagai kak fahmi
dan masih banyak lagi.
di sutradarai oleh Affandi A. Rachman.
Film yang diangkat dari sebuah novel kisah nyata yang berjudul sama dengan filmnya "NEGERI 5 MENARA" karya Ahmad Fuadi.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa