Langsung ke konten utama

Tips Melewati Masa-Masa Sulit Menjadi Pegawai Baru

Menjadi pegawai baru terkadang memang agak menyulitkan. Bagi sebagian orang, saat-saat pertama bekerja bahkan bisa menjadi masa yang berat untuk dilewati, apa lagi jika di tempatnya bekerja senioritas sangat diperhatikan.

Bagi anda yang akan menjalani atau sedang menjalani hari-hari pertama anda bekerja, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu anda dalam melewati masa-masa sulit selama menjadi pegawai baru di kantor.

1.  Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah rasa percaya diri. Anda perlu mengingat bahwa anda diterima bekerja di suatu tempat berdasarkan seleksi yang tidak mudah. Karenanya, rasa percaya diri yang baik akan membantu anda untuk melewati segalanya dengan baik.

2.  Kesulitan yang akan anda alami dalam melewati masa-masa sulit menjadi pegawai baru adalah untuk memiliki teman di tempat kerja.

Akan lebih baik jika perusahaan tempat anda bekerja merekrut beberapa orang sekaligus sehingga anda tidak akan sendiri. Namun, jika anda merasa sendiri dan membutuhkan rekan yang bisa anda jadikan teman, sebaiknya anda langsung memulainya dari hari pertama anda bekerja.

Hari pertama merupakan saat yang penting untuk memberikan kesan pada teman anda. Berikan kesan yang positif agar orang tidak segan untuk mendekati anda. Dalam hal ini, sikap rendah diri akan sangat membantu anda untuk mengawali proses sosialisasi anda di kantor.

3.  Senyum merupakan salah satu hal terpenting untuk melewati masa-masa sulit di kantor. Anda perlu memastikan bahwa anda selalu membalas senyuman atau pun melempar senyuman terlebih dahulu.

Senyum merupakan salah satu bahasa tubuh yang paling mudah dikenali. Karenanya, selalu tersenyum dan menunjukkan keramahan sangat penting untuk dilakukan.

4.  Jika anda merasa senior anda menekan anda, jangan terlalu mudah untuk menyerah. Yakinkan diri anda bahwa senior anda hanya ingin melihat sejauh mana kemampuan anda.

Dalam hal ini, anda sebenarnya tidak perlu memaksakan diri anda karena pada dasarnya, senior anda hanya ingin melihat kemampuan anda. Lakukan sebisa mungkin dan tunjukkan kepada atasan anda yang terbaik yang bisa anda lakukan agar anda bisa melewati masa – masa sulit.

5.  Beberapa orang mungkin akan merasa terintimidasi jika sedang ditekan oleh atasan mereka. padahal, perasaan tersebut sangat wajar. Hal ini tentu juga akan terjadi pada siapa pun yang menjadi karyawan baru.

Perasaan terintimidasi dan juga dikucilkan. Anda hanya harus melewatinya selama beberapa hari. Setelah itu, jika mereka sudah merasa nyaman dengan keberadaan anda, salah satu dari mereka pasti ada yang mendekati anda.

6.  Pada dasarnya, anda hanya perlu memberi waktu pada senior-senior anda untuk membiasakan diri mereka dengan keberadaan anda. Sebagian dari kita mungkin akan menganggap bahwa pegawai baru merupakan mainan baru bagi seniornya.

Padahal, beberapa diantara mereka ada yang sangat senang dengan kedatangan orang baru. Anda hanya harus menyadarinya disekitar anda.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa