PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA (S1) NON-SLTA UNIVERSITAS NEGERI MALANG SEMESTER GENAP 2014/2015
Pada Semester Genap 2014/2015 Universitas Negeri Malang menerima mahasiswa baru Program Sarjana (S1) Masukan Non-SLTA melalui jalur ujian tulis dan/atau ujian keterampilan secara online.
A. PERSYARATAN
1. Persyaratan Seleksi
- a. Lulus Program Diploma II Kependidikan/Non-Kependidikan Diploma III Kependidikan/ Non-Kependidikan Sarjana Non-Kependidikan (terakreditasi Kemdikbud) untuk masuk Program Sarjana (S1) Kependidikan.
- b. Lulus Program Diploma II/Diploma III Non-Kependidikan (terakreditasi Kemdikbud) untuk masuk Program Sarjana (S1) Non-Kependidikan.
- c. Memiliki kesehatan yang memadai yang dibuktikan dengan Surat Resmi Keterangan Dokter dari Rumah Sakit Umum daerah setempat sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi (diserahkan apabila lolos seleksi pada saat registrasi administrasi/daftar ulang).
- d. Tidak buta warna bagi calon pada program studi tertentu. Lihat pada daftar program studi yang bertanda bintang (*)).
- e. Mendapat ijin/tugas belajar dari pejabat yang berwenang (Kepala Sekolah/Dinas Pendidikan/Instansi/Perusahaan) bagi yang sudah bekerja.
2. Persyaratan Penerimaan
Lulus ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri masukan non-SLTA.
B. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran online dilakukan mulai tanggal 1 Desember 2014 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 11 Desember 2014 pukul 13.00 WIB.
2. Biaya ujian sebesar Rp 300.00000 (tiga ratus ribu rupiah) dibayarkan melalui bank BRI/BNI/BTN/Mandiri online.
3. Tata Cara Pendaftaran
- a. Calon peserta membayar biaya ujian mulai tanggal 1-10 Desember 2014 dengan cara memasukkan salah satu nomor kartu identitas (KTP/SIM/Paspor/KSK/Kartu Mahasiswa).
- b. Setelah melakukan pembayaran peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (1) Nomor Identitas (KAP) sebanyak ± 12 digit dan (2) PIN sebanyak ± 10 digit. Nomor Identitas dan PIN ini bersifat rahasia dan hanya dapat digunakan untuk mendaftar online satu kali namun dapat digunakan untuk melihat pengumuman hasil seleksi.
- c. Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://seleksi.um.ac.id dengan menyiapkan: (1) bukti pembayaran (2) kartu identitas yang digunakan ketika melalukan pembayaran (3) fotokopi ijazah/tanda lulus (4) upload file pasfoto berwarna terbaru (standar untuk ijazah) dengan wajah menghadap ke depan ukuran 4x6 cm berformat *.jpg dengan resolusi sekurang-kurangnya 250 dpi 400x600 pixels dan ukuran file maksimum 100 kb.
- d. Peserta memasukkan Nomor Identitas dan PIN kemudian menekan tombol Login.
- e. Peserta mengisi borang pendaftaran elektronik sesuai dengan petunjuk secara benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan sebagai mahasiswa baru.
- f. Peserta menyimpan file dan mencetak kartu Tanda Bukti Pendaftaran online.
- g. Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani oleh calon peserta berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta.
- h. Peserta wajib menyerahkan fotokopi Tanda Bukti Pendaftaran fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisasi masing-masing 1 lembar (sebagai dasar penetapan kredit tambahan/beban studi) ke Subag Registrasi dan Statistik Gedung A3 Lt. 1 BAKPIK pada tanggal 1-11 Desember 2014.
4. Informasi Pendaftaran dapat diperoleh melalui:
- a. petugas informasi melalui telepon 0341-557571 0341-565979; atau
helpdesk pendaftaran di Gedung A3 Lantai 1 BAKPIK
telepon 0341-551312 psw. 416 418 pada jam kerja. - b. laman http://www.um.ac.id atau https://support.um.ac.id/eticket; dan
- c. email: aplikasi.helpdesk@um.ac.id.
C. PELAKSANAAN UJIAN
- 1. Ujian dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2014 dan peserta siap di lokasi pada pukul 07.30 WIB.
- 2. Materi ujian adalah tes potensi bidang studi dan/atau wawancara.
- 3. Kelengkapan yang harus dibawa pada saat ujian: (1) kartu Tanda Bukti Pendaftaran (2) kartu identitas yang digunakan waktu melakukan pembayaran dan (3) pensil 2B karet penghapus peraut pensil (jika diperlukan).
- 4. Sehari sebelum ujian berlangsung peserta harus sudah tahu tempat dan ruang ujian.
D. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
Hasil seleksi diumumkan pada tanggal 17 Desember 2014 melalui laman http://www.um.ac.id/
E. BIAYA PENDIDIKAN
Biaya Pendidikan/Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat dilihat pada saat pengumuman hasil seleksi.
G. KETENTUAN KHUSUS
1. Calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima wajib mengisi form Biodata Mahasiswa secara online melalui laman http://registrasi.um.ac.id/ pada tanggal 17-19 Desember 2014.
2. Melakukan registrasi administrasi tanggal 18-19 Desember 2014 di Gedung A3 Lt. 1 BAKPIK dengan menyerahkan berkas-berkas berikut:
- a. Kartu Tanda Bukti Pendaftaran;
- b. Bukti pembayaran dari bank;
- c. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisasi sebanyak 2 lembar;
- d. Fotokopi Akta Kelahiran/Akta Kenal Lahir sebanyak 1 lembar;
- e. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli;
- f. Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar;
- g. Surat hasil pemeriksaan kesehatan (asli) dari Puskesmas/dokter pemerintah yang menyatakan calon sehat dan tidak buta warna;
- h. Print out Biodata Mahasiswa Baru UM; dan
- i. Print out Surat Pernyataan Mahasiswa UM bermaterai Rp 6.000-.
3. Calon mahasiswa baru yang tidak dapat memenuhi persyaratan registrasi administrasi sebagaimana yang ditetapkan dinyatakan gugur.
4. Biaya pendidikan calon mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi administrasi dan kemudian mengundurkan diri tidak dapat diminta kembali.
5. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) mahasiswa baru direncanakan pada tanggal 23-24 Desember 2014.
6. Kegiatan perkuliahan mulai tanggal 5 Januari 2015.
Untuk informasi selengkapnya dan melihat daftar prodi silahkan klik disini