Langsung ke konten utama

Karya Wisata ke Yogyakarta part 6


Jadi di malioborolah aku dan teman-teman bisa menghabiskan uang sakunya masing-masing untuk berburu oleh-oleh khas Jogjakarta. Karena disana ada begitu banyak penjual yang menjual oleh-oleh khas Jogjakarta maka disarankan setiap siswa harus pandai-pandai menawar suatu barang. Dulu aku mengira malioboro itu nama sebuah pasar. Eh, ternyata hanya sebuah nama jalan yang ada di kota Jogjakarta.

Di malioboro sendiri peserta rombongan karya wisata menghabiskan waktu paling lama diantara tempat-tempat wisata yang sudah dikunjungi sebelumnya. Mulanya panitia hanya memberikan waktu sekitar dua jam setengah untuk berburu oleh-oleh di malioboro tapi pada kenyataannya molor sampai tiga jam. Panitianya juga yang bikin molor karena pada keasyikan berburu oleh-oleh. Setelah puas di malioboro akhirnya rombongan kembali juga dengan oleh-oleh yang dibelinya ke busnya masing-masing. Malioboro adalah salah satu icon penting kota jogja jadi boleh dibilang tak lengkap rasanya kalo ke jogja gak mampir di malioboro.

Ketika semua murid sudah masuk ke dalam bus dan mau melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang terakhir yakni ke candi prambanan pemandu wisata kami mengucapkan salam perpisahan lalu salah satu guru pendamping kami yang mewakili murid-murid mengucapkan banyak terima kasih kepada pemandu wisata tersebut. Rombongan pun akhirnya melanjutkan perjalanan ke Jogjakarta tanpa ada pemandu wisata.

Seperti pengalaman saya sewaktu liburan sama keluarga kalau liburan ke Jogjakarta pasti tempat wisata candi prambanan gak pernah ketinggalan untuk dikunjungi. Tapi dari pengalaman juga kalau sampai di candi prambanan bisa dipastikan waktunya sudah sore banget. Jadi kita disana hanya bisa membeli oleh-oleh yang dijual di area komplek candi prambanan. Kalaupun masuk ke area candi prambanan keadaannya sudah gelap banget karena disana sangat minim penerangan. Maka dari itu aku dan teman-temanku mengisi waktu tersebut dengan mencari kamar mandi terdekat di daerah candi prambanan, tujuannya tak lain adalah untuk menyegarkan kembali badan yang seharian telah mengeluarkan banyak keringat karena sudah menyusuri tempat wisata dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Setelah mencari kesana kemari akhirnya kami menemukan kamar mandi yang berada agak lumayan jauh dari pelataran parkir candi prambanan. Habis mandi aku dan khoirul juga teman-teman yang lain menunaikan sholat ashar berjamaah di masjid terdekat tapi lebih tepatnya sich mushola karena di dalamnya tidak mencerminkan masjid pada umumnya. Selesai sholat aku dan teman-teman bergegas kembali menuju bus yang ada di pelataran parkir candi prambanan.

Hari sudah semakin gelap rombongan bergegas kembali ke bus masing-masing untuk meninggalkan candi prambanan dan dilanjutkan perjalanan pulang ke Nganjuk. Di dalam perjalanan pulang terasa berbeda sekali dengan saat perjalanan berangkatnya. Apa yang berbeda? Isi tasnya yang berbeda kalau waktu berangkat isi tasnya sedikit sedangkan waktu pulang isi tasnya penuh dengan berbagai macam oleh-oleh mulai dari makanan sampai baju.

Sepanjang perjalanan pulang sangat terlihat jelas ekspresi kecapekan yang menimpa teman-teman termasuk aku juga. Waktu adzan maghrib berkumandang rombongan berhenti di salah satu masjid yang ada di kab. Sleman untuk menuaikan ibadah sholat maghrib. Setelah sholat maghrib rombongan pun melanjutkan perjalanan terakhirnya yaitu pulang ke kota nganjuk. Badan sudah terasa capek aku putuskan untuk tidur.

Pukul 22.30 wib aku terbangun sejenak dari tidurku dan melihat keluar jendela ternyata sudah sampai di kab. Ngawi lalu melanjutkan tidurku lagi. Tak berapa lama aku terbangun lagi lalu melihat keluar jendela dan ternyata rombongan sudah memasuki kota nganjuk tapi belum sampai di SMP-nya. Akupun langsung membangunkan khoirul dan beberapa teman yang duduk dibagian belakang bus. Beberapa menit kemudian rombongan peserta karya wisata SMP Negeri 1 Berbek sampai juga di depan pelataran SMP. Aku dan teman-teman yang sudah bangun duluan langsung turun dari bus ketika bus berhenti sementara guru pendamping kami sibuk membangunkan teman yang lain yang masih tidur.

Alhamdulillah! Itu adalah ucapan pertama kali ketika aku turun dari bus. Sambil menunggu jemputan aku duduk dulu di teras SMP. Disana juga sudah banyak orang tua yang menunggu anaknya pulang. Bus yang kami tumpangi adalah bus yang pertama kali sampai di depan pelataran sekolah dan yang lainnya masih di belakang. Tak berselang lama jemputanku datang juga yakni bapakku dengan motornya. Langsung saja aku naik motor dan dibonceng sama bapak menuju rumah. Akhirnya sampai juga dirumah dengan keadaan yang sangat capek aku langsung menuju kamar mandi untuk mengambil air wudhu lalu sholat isya’. Setelah sholat isya’ akupun langsung tidur.

Itulah ceritaku selama mengikuti karya wisata yang diadakan SMP Negeri 1 Berbek pada tahun 2007.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa