Langsung ke konten utama

Karya Wisata ke Yogyakarta part 1

Hari sabtu tanggal 8 april 2007, aku dan teman-teman akan mengadakan karya wisata ke kota Yogyakarta. Waktu itu aku masih duduk di bangku SMP kelas 2. SMP kami terletak dipinggiran kota Nganjuk lebih tepatnya di kecamatan Berbek. Kegiatan karya wisata itu rutin dilakukan oleh sekolahku tapi sekolah yang lain juga mengadakan kegiatan yang sama karena kegiatan semacam karya wisata ini sudah diprogram pemerintah dalam hal ini depdiknas. Adapun tujuan dari diadakan karya wisata adalah disamping memperkenalkan budaya dari kota Yogyakarta kepada siswanya juga untuk memenuhi tugas akhir sekolah.

Seminggu sebelum keberangkatan aku dan teman-teman diberi arahan dan sosialisasi tata tertib yang harus dipatuhi selama mengikuti kegiatan karya wisata oleh kepala sekolah. Kepala sekolah juga memberitahukan nama-nama tempat wisata yang akan rombongan karya wisata kunjungi diantaranya, candi Borobudur, taman wisata kyai langgeng, museum dirgantara, museum benteng vredenberg, kraton jogja, malioboro dan candi prambanan.

Disela-sela dalam memberikan arahan tersebut kepala sekolah juga berpesan agar siswanya menjaga kondisinya masing-masing terutama dalam masalah kesehatan. Pihak sekolah juga menyediakan obat-obatan yang nantinya mungkin diperlukan oleh siswanya tapi dari pihak sekolah menghimbau kepada siswa yang mempunyai penyakit khusus agar membawa obatnya sendiri. Karena pihak sekolah hanya menyediakan obat yang sifatnya umum seperti minyak kayu putih, antimo, balsam dan obat sakit kepala.

Hari sabtu malam tepatnya pukul 19.30 WIB aku baru berangkat dari rumah ke sekolah terburu-buru dengan diantar sama bapak naik motor. Waktu itu aku takut banget karena panitia memberikan instruksi pukul 19.00 WIB harus sudah kumpul di sekolahan. Dan ternyata sampai di sekolah suasananya masih sepi banget, ada sich satu dua anak gitu yang sudah datang di sekolahan. Tidak lama kemudian satu persatu temanku mulai datang ke sekolahan dengan diantar oleh orang tuanya masing-masing.

Setelah semua murid peserta karya wisata berkumpul aku dan teman-teman diberi arahan yang terakhir kalinya sebelum berangkat ke Yogyakarta. Kurang lebih setengah jam diberi arahan akhirnya selesai juga tapi bus yang akan membawa aku dan teman-teman ke yogya tak kunjung datang. Sambil menunggu bus yang akan membawa aku dan teman-teman ke yogya, aku ngobrol dulu sama temanku akrabku yang namanya khoirul di warung depan sekolahan.

“rul, nanti kalau sudah di jogja kamu mau beli apa saja?” Tanyaku pada khoirul.
“waduh dit, aku juga gak tahu mau beli apa di jogja nanti. Aku aja baru kali ini mau ke jogja” jawab khoirul.
“hahahaha, woalah to rul. Kirain kamu udah pernah ke jogja” ketawaku sambil meledek si khoirul.

Beberapa menit kemudian aku dan khoirul mendengar suara klakson dari arah timur.

“itu busnya rul, buruan habisin makannya nanti telat lho!” Sambil berdiri dan melongok keluar warung.
“oke dit” jawab khoirul sambil terburu-buru habisin makannya.
“rul, aku kesana dulu ya…!!” Sambil menenteng tas.
“tunggu dit, aku udah selesai nih” teriak khoirul sambil lari menenteng tasnya.

Tiba-tiba aku dan khoirul mendengar suara panggilan dari panitia untuk segera berkumpul ke lapangan basket sekarang untuk melakukan upacara keberangkatan. Mendengar panggilan itu aku dan khoirul pura-pura tidak mendengarnya dan langsung masuk ke dalam bus untuk mencari tempat duduk yang paling belakang dekat toilet. Aku dan khoirul sengaja melihat upacara keberangkatan dari balik jendela bus, tak berselang lama akhirnya selesai juga upacaranya. Murid-murid pun mulai menuju bus yang sudah ditentukan.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa