Langsung ke konten utama

Stephen Wolfram



Biografi

Stephen Wolfram (lahir 29 August 1959) adalah seorang ilmuwan asal Britania Raya sekaligus desainer utama aplikasi perangkat lunak Mathematica dan mesin pengetahuan komputasional Wolfram Alpha.

Orang tua Stephen Wolfram merupakan pengungsi Yahudi yang datang dari Westfalen, Jerman, ke Inggris pada tahun 1933. Ayah Wolfram, Hugo, adalah pengrajin tekstil dan novelis (Into a Neutral Country) dan ibunya, Sybil, adalah profesor filsafat di Universitas Oxford. Ia memiliki seorang adik laki-laki bernama Conrad.

Wolfram melanjutkan studinya ke Eton, tempat ia berhasil membuat guru-gurunya kagum dan heran atas kecerdasannya dan penolakannya untuk diajari. Ia malah melakukan pekerjaan rumah teman-temannya dengan dibayar. Wolfram menerbitkan sebuah artikel tentang fisika partikel, tetapi ia mengaku bosan dan keluar dari Eton pada tahun 1976. Ia masuk St John's College, Oxford pada usia 17 tahun, namun menganggap kuliah di sana "berantakan". Wolfram kemudian bekerja secara independen dan menerbitkan tulisan yang banyak menjadi bahan rujukan tentang produksi kuark berat pada usia 18 tahun dan sembilan tulisan lain sebelum keluar tahun 1978 tanpa kelulusan. Ia mendapatkan gelar Ph.D. dalam bidang fisika partikel dari California Institute of Technology pada usia 20 tahun, bergabung dengan mereka dan mendapatkan salah satu Hadiah MacArthur pertama tahun 1981, pada usia 21 tahun. Menurut Google Scholar, Stephen Wolfram dirujuk oleh lebih dari 30.000 terbitan (hingga April 2012) dan memiliki indeks-h sebesar 58.

Karya Wolfram bersama Geoffrey Fox dalam teori interaksi kuat masih dipakai sampai sekarang dalam ilmu fisika partikel eksperimental. Wolfram menikah dengan seorang matematikawati dan memiliki empat anak.

Wolfram mendapat sambutan meriah atas pidatonya di 2010 TED Talk yang berjudul "Computing a Theory of Everything", dan di SXSW 2012, tempat ia dinobatkan sebagai Pembicara Terbaik Tahun Ini.

Karya

Symbolic Manipulation Program

Wolfram memimpin pengembangan sistem aljabar komputer SMP (Symbolic Manipulation Program) di departemen fisika Caltech pada 1979–1981. Munculnya sengketa dengan pihak administrasi mengenai hak properti intelektual terhadap paten SMP, hak cipta, dan keterlibatan fakultas dalam perusahaan komersial—berujung pada pengunduran dirinya dari Caltech. SMP terus dikembangkan dan dipasarkan secara komersial oleh Inference Corp. dari Los Angeles pada 1983–1988.
Sistem kompleks dan automaton seluler

Pada tahun 1983, Wolgram keluar untuk melanjutkan studi di School of Natural Sciences of the Institute for Advanced Study di Princeton, tempat ia mempelajari automaton seluler, terutama dengan simulasi komputer. Ia membuat serangkaian karya tulis yang secara sistematis menyelidiki kelas automaton seluler dasar, sehingga menciptakan kode Wolfram, sebuah sistem penamaan untuk automaton seluler satu dimensi, dan skema klasifikasi untuk kompleksitas perilakunya. Ia memaparkan bahwa automaton seluler Rule 110 bisa dianggap universal secara komputasional. Pada pertengahan 1980-an, Wolfram mengerjakan simulasi proses fisika (seperti aliran cairan turbulen) dengan automaton seluler menggunakan Connection Machine bersama Richard Feynman dan membantu menciptakan serangkaian sistem kompleks yang berujung pada pendirian institut pertama khusus untuk masalah ini, The Center for Complex Systems Research (CCSR) di University of Illinois at Urbana-Champaign dan jurnal Complex Systems pada tahun 1987.

Mathematica

Pada tahun 1986, Wolfram meninggalkan Institute for Advanced Study untuk melanjutkan studi di University of Illinois at Urbana-Champaign, tempat ia mendirikan Center for Complex Systems Research dan mulai mengembangkan sistem aljabar komputer bernama Mathematica, yang pertama diluncurkan tahun 1988, saat ia meninggalkan universitas tersebut. Pada tahun 1987, ia mendirikan sebuah perusahaan bernama Wolfram Research yang terus mengembangkan dan memasarkan program ini.

A New Kind of Science

Sejak 1992 hingga 2002, ia mengerjakan bukunya yang kontroversial, A New Kind of Science, yang memaparkan sebuah studi empiris mengenai sistem komputasional yang begitu sederhana. Selain itu, buku ini menyatakan bahwa demi alasan fundamental, jenis sistem seperti ini, alih-alih matematika tradisional, diperlukan untuk merancang dan memahami kompleksitas alam. Simpulan Wolfram adalah bahwa alam semesta sudah digital secara alamiah, dan berjalan pada hukum-hukum dasar yang dapat dianggap sebagai program sederhana. Ia memprediksikan realisasi hal ini dalam komunitas ilmiah akan memberi pengaruh besar dan revolusioner terhadap ilmu fisika, kimia, dan biologi, serta mayoritas dunia sains secara umum, yang merupakan maksud judul buku tersebut.

Sejak peluncuran buku ini tahun 2002, Wolfram membagi waktunya antara mengembangkan Mathematica dan mendorong orang-orang untuk terlibat dengan A New Kind of Science dengan menyampaikan pidato, mengadakan konferensi, dan memulai sekolah musim panas yang dikhususkan untuk topik ini.

Mesin pengetahuan komputasional

Pada bulan Maret 2009, Wolfram meluncurkan Wolfram|Alpha, sebuah mesin penjawab dengan pendekatan baru terhadap ekstraksi pengetahuan dan antarmuka yang mudah digunakan, pada tanggal 16 Mei 2009 dan versi Pro-nya diluncurkan tanggal 8 Februari 2012 Mesin ini dibuat berdasarkan pemrosesan bahasa alami, sekumpulan besar algoritma dan kueri pencarian menggunakan pendekatan yang disebutkan dalam A New Kind of Science. Antarmuka pemrograman aplikasinya (API) memungkinkan aplikasi lain memperluas dan memutakhirkan Alpha. Wolfram Alpha adalah salah satu mesin pencari pembantu Bing Microsoft dan Siri Apple (bersama Google dan Yelp!) yang menjawab pertanyaan-pertanyaan faktual.

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN KOPERASI TENTANG POAC

POAC (PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING AND CONTROLLING) Menurut The Contemporary Bussiness Dictionary, manajemen mempunyai dua makna, yaitu pertama, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan perusahaan untuk mencapai sasaran tertentu; kedua, para pemimpin perusahaan. Fungsi-Fungsi Manajemen Koperasi Dari literatur dapat dibaca pengertian tentang manajemen yang satu berbeda dengan yang lain, namun intinya sama. Pada hakikatnya manajemen dapat disimpulkan sebagai suatu rangkaian tindakan sistematik untuk mengendalikan dan memanfaatka segala faktor sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Maka ada dua unsur utama yang terdapat dalam pengertian manajemen, yaitu unsur pengendalian dan unsur pemanfaatan sumber daya. Fungsi-fungsi manajemen menurut George R. Terry (1964) adalah sebagai : Perencanaan (planning) Pengorganisasian (organizing) Pelaksanaan (actuating) Pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut dirinci dan

Pengertian Wirakoperasi dan ciri-cirinya

Wirakoperasi terdiri dari 2 kata, yaitu wirausaha dan koperasi dalam arti “usaha atau perilaku koperasi untuk mengembangkan diri” (Rofke, 1995). Ada pula yang mengartikan “kewirausahaan koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara kooperatif dengan mengambil prakarsa inovatif secara keberanian mengambil resiko dan berpegangan teguh pada prinsip identitas koperasi dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama” (Hendar dan Kusnandi dalam Ekonomi Koperasi, 1990). Pengertian wirausaha itu sendiri adalah terjemahan dari Entrepreneur yang berasal dari bahasa perancis yang artinya pengusaha, kemudian para ahli ekonomi mengaitkannya dengan beberapa sifat yaitu menurut (Gautillon, 1975). Kemudian (H Knight, 1921) dengan resiko ketidakpastian (uncertainty) oleh karena itu manusia tidak dapat melihat kemuka dengan sempurna (perfect foresight) kemungkinan memperoleh laba adalah karena resiko, ketidak tentuan ini kemudian mengaitkan deng

Tips Menghilang Bau Lemari Piring

Lemari memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari lemari pakaian, lemari untuk menyimpan benda-benda koleksi, lemari piring, lemari aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita juga harus dipusingkan dengan berbagai dengan bau-bauan yang ditimbulkan dalam lemari-lemari tersebut. Untuk lemari baju Anda pasti akan sangat mudah mengatasinya karena Anda dapat menggunakan pewangi khusus untuk lemari pakaian tetapi bagaimana jika lemari piring Anda yang mengeluarkan bau?Tidak mungkin juga jika Anda akan menggunakan pewangi lemari lainnya karena dapat membuat piring yang merupakan alat makan menjadi terkontaminasi. Karena itu berikut tips mudah menghilangkan bau lemari piring Anda. 1. Gunakan arang Gunakan arang yang sudah dihancurkan kasar dan tempatkan pada mangkok kecil kemudian letakkan dalam lemari karena ternyata arang dapat menghilangkan bau lemari piring Anda. 2. Gunakan kopi Hampir sama dengan menggunakan arang. Anda dapat menggunakan bubuk kopi yang Anda tempa